Skip to content
1 Februari 2011 / Fhastanti

Memori Kecilku saat TK

Lama nggak nulis sesuatu. Sebenernya pengen banget menumpahkan semuanya dalam tulisan. Yah, walopun memang tulisanku tidak sebagus para novelis dan lebih terkesan ngasal. Hmm,, mudah-mudahan saja bisa enak dibacanya. Sudah ah, aku rasa cukup deh intronya. Kali ini aku akan menceritakan tentang diriku.

Baca selanjutnya…

5 Oktober 2010 / Fhastanti

Karang Gigi (Kalkulus)

Karang gigi yang dalam istilah kedokterannya adalah kalkulus adalah plak yang telah mengalami pengerasan, kalsifikasi atau remineralisasi. Karang gigi yang terdapat pada permukaan mahkota gigi biasanya terlihat berwarna kekuningan sampai kecoklatan. Permukaan plak keras seperti gigi dan tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi atau tusuk gigi. Karang gigi yang tidak terlihat biasanya tumbuh di bawah gusi, yang dapat mengakibatkan infeksi pada gusi dan mudah berdarah. Karang gigi biasanya menyebabkan bau mulut.

Baca selanjutnya…

24 September 2010 / Fhastanti

Manifestasi Neurologi pada Eklampsia

BAB I

PENDAHULUAN

Gangguan hipertensi yang menjadi penyulit kehamilan sering dijumpai dan termasuk salah satu di antara tiga trias mematikan bersama dengan perdarahan dan infeksi, yang banyak menimbulkan morbiditas dan mortalitas ibu karena kehamilan. Bagaimana kehamilan memicu atau memperparah hipertensi masih belum terpecahkan walaupun sudah dilakukan riset intensif selama beberapa dekade, dan gangguan hipertensi masih merupakan salah satu masalah yang signifikan.1, 2

Baca selanjutnya…

9 September 2010 / Fhastanti

Gigi Berlubang (Karies Gigi)

Gigi berlubang atau dalam bahasa kedokterannya sering disebut dengan karies gigi adalah penyakit yang paling sering terjadi pada manusia setelah demam dan flu. Karies gigi dapat terjadi pada siapa saja dan merupakan penyebab utama kehilangan gigi pada usia muda. Karies akan mengakibatkan kerusakan struktur gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

Baca selanjutnya…

1 September 2010 / Fhastanti

Penatalaksanaan Anestesi pada Penderita BPH (Benign Prostat Hipertrophy) dengan Penyakit Penyerta Asma Bronkial

PENDAHULUAN

Anestesiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari hal-hal yang menyangkut anestesi. Menurut asal katanya anesthesia berasal dari kata ‘an’ yang berarti tidak, dan ‘estesia’ yang berarti rasa. Dengan demikian kira-kira anesthesia berarti tidak berasa. Istilah anesthesia ini pertama kali dipergunakan oleh ‘Oliver Wendell Holmes’ tahun 1846. Analgesia ialah pemberian obat untuk menghilangkan nyeri tanpa menghilangkan kesadaran pasien.

Baca selanjutnya…

27 Agustus 2010 / Fhastanti

Anestetik Lokal

BAB I

PENDAHULUAN

Obat-obat anestetik local mempengaruhi semua sel tubuh, tapi mempunyai predileksi khusus pada jaringan saraf. Pengaruh utamanya adalah memblok hantaran saraf bila mengadakan kontak dengan suatu neuron. Obat anastetika local bergabung dengan protoplasma saraf dan menghasilkan analgesia (blok hantaran impuls nyeri) dangan mencegah terjadinya depolarisasi dengan cara menghambat masuknya ion sodium (Na+). Sifat blok ini disebut ‘nondepolarizing block’. Reaksi ini bersifat reversible dan fungsi fisiologis saraf tersebut akan kembali sempurna seperti sediakala setelah blok berakhir.1

Baca selanjutnya…

25 Agustus 2010 / Fhastanti

Jalan-jalan ke Pulau Satonda

Sekitar pertengahan bulan April 2010 (saat masih PTT di Bima, NTB) aku jalan-jalan ke Pulau Satonda bersama dengan anggota Puskesmas. Pulau itu terletak di seberang desa Labuan Kenanga, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. Dari pertama kali menginjakkan kaki di Tambora, aku sudah merasa tertarik sekali dengan Pulau Satonda. Setiap kali turun gunung alias pergi ke kota Bima, Pulau tersebut selalu terlihat dalam perjalanan. Kabarnya ada “pohon berbuah batu” di Pulau Satonda dan konon air danau di Pulau tersebut rasanya pahit, makanya aku penasaran sekali ingin ke Pulau Satonda. Beginilah ceritanya,,,

Baca selanjutnya…

19 Agustus 2010 / Fhastanti

diare pada anak

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar belakang

Diare merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian pada anak di negara berkembang. Penyebab utama kematian karena diare adalah dehidrasi sebagai akibat kehilangan cairan dan elektrolit melalui tinjanya. Diare adalah penyebab penting kekurangan gizi. Ini disebabkan karena adanya anoreksia pada penderita diare sehingga ia makan lebih sedikit dari biasanya dan kemampuan menyerap sari makanan juga berkurang. Padahal kebutuhan sari makanannya meningkat akibat dari keadaan sakitnya.5 Oleh karena itu kita harus mengetahui jenis-jenis diare dan bagaimana menanganinya supaya tingkat mortalitas dan morbiditasnya dapat ditekan.

Baca selanjutnya…

4 Juli 2010 / Fhastanti

Jakarta Fair with Kerak Telornya

Rasanya dah lama banget nggak pernah nulis, jadi kangen pengen nulis sesuatu. Ceritanya tanggal 1 Juli kemaren aku ke PRJ (Pekan Raya Jakarta) atau kerennya sering kita sebut Jakarta Fair. Berangkat dari rumah ba’da ashar, jam di tangan menunjukkan pukul 15.30 WIB. Aku berangkat melalui jalur kanan alias melalui jalan tol kebon jeruk.dari rumah sampai tomang jalanan rame lancar. Tiba di lampu merah harmoni antrian mobil lumayan cukup panjang, sampe-sampe aku ngiler pengen beli pajangan bunga untuk di mobil yang memang lagi nge trend saat ini. Pajangan bunganya lucu banget, seperti bunga yang ada di permainan plant vs zombi di dalam kompie ku.

We weh,,,kok jadi bahas soal pajangan mobil, lanjut saja ya… Jalanan mulai macet waktu aku melewati pasar baru. Yang paling nyebelin adalah tiba-tiba ada motor yang nubruk spion mobilku dari samping. Agak sedikit kesel, tapi karena pengendara melambaikan tangannya jadi agak kurang keselnya. Minimal dengan melambaikan tangannya berarti tu pengendara sebenernya sadar kalo dia sudah melakukan kesalahan dengan menubruk spion mobilku. Hanya saja sayangnya pengendara tersebut tidak meminta maaf. Rupanya saat ini sudah tidak ada sopan santunnya berkendara sehingga naik motor sering ugal-ugalan, ckckck.

Baca selanjutnya…

26 Mei 2010 / Fhastanti

Cerita ATLS Jogjakartaku

Belum lama ini, ya sekitar pertengahan bulan Mei 2010 aku mengikuti ATLS (Advance Trauma Life Support) di Jogjakarta. Aku mendaftarkan diri untuk ikut ATLS tersebut sudah dari bulan Januari 2010. Awalnya aku mendaftarkan diri untuk mengikuti ATLS di Jakarta, tapi karena saat daftar dapatnya November ya kubatalkan saja yang di Jakarta. Kebetulan aku mempunyai teman sejawat yang kerja di RS Sardjito. Melalui TS tersebut aku mendaftarkan diri untuk mengikuti ATLS di Jogjakarta. Dengan kepercayaan diri sepenuhnya aku mendaftarkan diri sendiri tanpa teman satu almamater pun, padahal sahabat baikku yang dari Palembang sudah menyarankan untuk tidak mengikuti ATLS sendirian karena materinya sangat banyak. Yaaaa,,, intinya kalo ada temannya kan bisa belajar bareng-bareng. Tapi sayangnya teman-teman satu almamaterku yang waktu itu ku ajak bareng sedang belum ingin mengikuti pelatihan tersebut. Akhirnya dengan penuh rasa semangat aku berangkat ke Jogjakarta. Baca selanjutnya…